16 Nana

1. NAMA-RUPA PARICCHEDA NANA – PENGETAHUAN MEMBEDAKAN JASMANI DAN BATIN. yaitu batin dapat mengenal jasmani sedangkan jasmani tidak dapat mengenal batin.
2. PACCAYA PARIGGHANA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI SEBAB DAN AKIBAT. yaitu …disebabkan oleh karna timbulnya fenomena2 dari pada jasmani dan batin maka timbullah pula kesadaran yg mengetahuinya. timbulnya fenomena2 dari pada jasmani dan batin adalah sebab sedangkan kesadaran yg mengetahuinya adalah akibat.
3. SAMMASANA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI ANICCA, DUKKHA DAN ANATTA. yaitu memahami hukum perubahan yakni timbul dan tenggelam (anicca), karna sesuatu yg timbul kemudian tenggelam kembali maka tidak memuaskan (dukkha), karna sesuatu hanya timbul kemudian tenggelam kembali maka tiada inti (anatta).
4. UDABBAYA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI TIMBUL DAN LENYAPNYA PROSES-PROSES. yaitu memahami fenomena2 dari pada jasmani dan batin yg timbul kemudian lenyap kembali dengan cepat.
5. BHANGA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI PELEBURAN. yaitu karna fenomena2 dari pada jasmani dan batin telah berproses dengan cepat maka disini yogi hanya melihat leburnya saja.
6. BHAYA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI KETAKUTAN. yaitu setelah melihat fenomena2 dari pada jasmani dan batin yg hanya mengalami peleburan saja maka timbul ketekutan karna tidak ada sesuatu yg dapat di pegang.
7. ADINAVA – PENGETAHUAN MENGENAI KABUR DAN MEMBOSANKAN. yaitu karna tidak ada sesuatu yg dapat dipegang maka timbul kebosanan yg disebabkan oleh karna tujuan yg kabur/tidak jelas.
8. NIBBIDA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI KEJENUHAN DAN KEJELEKAN. yaitu karna tujuan kabur kemudian bosan maka memandang segala sesuatu menjadi jenuh dan jelek.
9. MUNCITUKAMYATA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI TEGANG, GELISAH DAN PUTUS ASA. karna tujuan kabur kemudian bosan dan memandang segala sesuatu menjadi jenuh dan jelek maka timbul perasaan tegang, gelisah dan putus asa.
10. PATISANKHA NANA – PENGETAHUAN PERASAAN SEPERTI TERSIKSA, INGIN BERHENTI LATIHAN. karna tujuan kabur kemudian bosan dan memandang segala sesuatu menjadi jenuh dan jelek lalu timbul perasaan tegang, gelisah dan putus asa maka timbul perasaan seperti tersiksa sehingga ingin menghentikan latihan.
11. SANKARUPEKKHA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI KESEIMBANGAN. yaitu setelah melalui fase2 tsb maka batin menjadi seimbang.
12. ANULOMA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI ANICCA, DUKKHA DAN ANATTA SEMAKIN JELAS. yaitu setelah batin menjadi tenang dan seimbang maka yogi akan memahami anicca, dukkha dan anatta dengan lebih jelas lagi.
13. GOTRABHU NANA – PENGETAHUAN MENGENAI DIAM, TENANG DAN DAMAI. yaitu setelah batin menjadi tenang dan seimbang dan yogi telah memahami anicca, dukkha dan anatta dengan lebih jelas lagi maka batin yogi menjadi lebih diam, hening, tenamg dan damai.
14. MAGGA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI JALAN. yaitu setelah batin menjadi tenang dan seimbang dan yogi telah memahami anicca, dukkha dan anatta dengan lebih jelas lagi lalu batin yogi menjadi lebih diam, hening, tenamg dan damai maka yogi telah memahami jalan ini.
15. PHALA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI HASIL ATAU PAHALA. yaitu setelah batin menjadi tenang dan seimbang dan yogi telah memahami anicca, dukkha dan anatta dengan lebih jelas lagi lalu batin yogi menjadi lebih diam, hening, tenamg dan damai lalu yogi telah memahami inilah jalan/metode, lalu telah memahami pula dengan jelas bahwa inilah hasil dari pada latihan/phala.
16. PACCAVEKKHANA NANA – PENGETAHUAN MENGENAI PERTIMBANGAN DAN PERENUNGAN kEMBALI. yaitu setelah batin menjadi tenang dan seimbang dan yogi telah memahami anicca, dukkha dan anatta dengan lebih jelas lagi lalu batin yogi menjadi lebih diam, hening, tenamg dan damai sehingga yogi telah memahami inilah jalan/metode, kemudian yogi juga telah memahami dengan jelas bahwa inilah hasil dari pada latihan/phala. lalu yogi merenungkan kembali jejak jalan yg telah pernah yogi tempuh. dengan demikian seiring dengan majunya tingkat spiritual yogi maka yogi akan semakin trampil dalam asavakkhaya nana dan magga phala nana, lalu latihan yogi secara bertahap akan semakin maju hingga mencapai ARAHAT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: